halowisata.com merupakan portal informasi berbagai tujuan wisata menarik dan viral dikalangan masyarakat serta populer diseluruh penjuru indonesia , dimana anda dapat menjadikan halowisata.com sebagai refrensi akan kemana anda dan keluarga ingin menikmati liburan bersama

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


sering sekali kita jumpai apabila kawula muda sedang berbelanja atau pergi ke acara penikahan menemukan lantunan musik yang merdu namun seringkali kawula muda ini acuh tak acuh dengan musik ini ,,, heheh fakta loh ya ,,, kebanyakan sekarang anak muda kan pada suka band,, boyband, atau girlband. Apasih sebenarnya yang dimaksud eyang jangkung disini,,, belum menjelaskan apa yang dimaksud sudah menjadge kawulo muda aja,,, hehe maaf sebelumnya ya untuk kawulo muda yang membaca artikel ini. nah langsung aja eyang jangkung disini ingin menjelaskan sedikit yang eyang jangkung rasakan dalam mepelajari pelatihan karawitan bersama warga sempon wukirsari cangkringan. ya kita akan sedikit membahas apa itu karawitan dan perangkat apa yang digunakan ... woke langsung aja 

karena eyang jangkung itu berasal dari jogja maka eyang jangkung menjelaskannya dr realita yang terjadi dijogja ya
bagi masyarakat dipulau jawa yang khususnya yogyakarta kata karawitan merupakan sebuah kata yang tak asing didengar, eni karawitan merupakan peninggalan budaya yang turun temurun dilestarikan oleh warga yogyakarta dan khususnya oleh kraton ngayogyakarta. Karawitan berasal dari kata rawit yang berarti rumit atau berbelit-belit namun juga dapat diartikan keindahan, halus sehingga apabila penulis menerjemahkan karawitan adalah sebuah seni musik berupa gamelan yang memiliki kerumitan namun memiliki keindahan. hehhe kalo salah monggo dikoreksi.. :)
seni karawitan sendiri mengacu  pada instrumen  gamelan dimana instrumen gamelan sendiri memiliki dua perangkat yaitu pelog dan slendro
wah apa lagi itu pelog dan slendro .. jangan tegang gitu bacanya ya .. 

pelog dan slendro merupakan laras dari gamelan. tidak berbeda dengan instrumen lainnya gamelan juga memiliki nada yang disebut dengan laras. nah pelog dan slendro yang dapat dibilang dengan nada atau sering disebut dalam bahasa karawitan itu laras memiliki perbedaan. perbedaannya terdapat pada tangga nada yang terdapat pada perangkat gamelan tersebut. nah untuk kejelasan perbedaan bisa cari dimbah google yang lebih ngerti daripada eyang

balik lagi ke uneg-uneg eyang jangkung, dimana saat ini kawula muda mayoritas malu untuk mendengarkan musik-musik karawitan katanya gak gaulll.. apalagi mempelajarinya hehehh padahal apabila kawulo muda perhatikan saat ini dunia internasional saja sangat menginginkan belajar seni karawitan banyak sekali bukti di youtube.com
mahasiswa diluar negri sudah mempelajari seni karawitan dan wuihh manteb asik bener kalo dihayati ,, ya mari kita dengerin 


wow gmana itu yang sedang dibawakan di video diatas adalah lancaran manyar sewu ,, asik kan kalo didengerin gak kalah pokoknya sama band ,, atau instrumen lainnya ,,,

wah eyang ini dari tadi kok menjelek-jelekkan kawulo muda aja to ... wetiiissss jangan salah eyang gak melulu kok menjelek-jelekan wong eyang tu juga percaya kalo ditidak semua kawulo muda itu melupakan kebudayan kita ,, nih contohnya ada video dari putu-putune simbah ki loh  dari  sma dijogja



nah loh gimana pendapatnya kawulo muda ,, jangan sampai loh nanti kebudayaan kita ini direbut oleh negara lain ,, eyang jangkung mau ngasih wejangan yuk monggo bersama-sama belajar dan nguri nguri kabudaya jawi ini  :) wes ah itu aja uneg -uneg eyang wong eyang juga ngantuk je heheh wah jan boleh yang mau ngasih kritik dan saran loh ya ,, eyang lagi belajar nulis diblog,, 

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib