halowisata.com merupakan portal informasi berbagai tujuan wisata menarik dan viral dikalangan masyarakat serta populer diseluruh penjuru indonesia , dimana anda dapat menjadikan halowisata.com sebagai refrensi akan kemana anda dan keluarga ingin menikmati liburan bersama

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Candi Ijo Yogyakarta Dengan Panorama Yang Indah dan Penuh Misteri – Ada kalanya berwisata ke tempat sejarah, seperti berkunjung ke Candi Ijo Yogyakarta. Pasalnya dibandingkan dengan banyaknya candi di Kota Jogya, hnaya Candi Ijo yang memiliki keindahan eksotis dan penuh dengan cerita misteri. Hal in rupanya tak terlepas dari bangunan Candi Ijo yang merupakan candi paling tinggi di seluruh Indonesia. 


Sebagai tempat pelancongan tentu Candi Ijo menawarkan berbagai fasilitas penunjang kegiatan pariwisata. Keunikan candi yang satu ini menyuguhkan kuil cukup tinggi yang terletak pada 375 meter di atas permukaan laut. Dari ketinggian inilah, para pengunjung bisa menyaksikan pemandangan indah sebuah perbukitan sekota Yogya. Berikut seputar info menarik dari Candi Ijo Yogyakarta dengan panorama menakjubkan dan penuh misteri. 


Tempat Wisata Misteri, Candi Ijo di Yogyakarta


Akses Menuju ke Candi Ijo Yogyakarta

Akses menuju Candi Ijo agar bisa menikmati panorama sejarah, anda membutuhkan tenaga yang cukup ekstra sehingga segera tiba di lokasi. Agar lebih mudah, cobalah anda melewati jalan Solo ke Pasar Prambanan yang berada di Sebrang Kompleks area Candi Prambanan. Setelah sampai, anda tinggal menuju ke arah tenggara yang ditempuh sekitar 7 km hingga menemukan penunjuk arah kecil untuk ke Candi Ijo, tepatnya di Desa Wisata Nawung terletak di kiri jalan. Perjalanan tersebut memakan waktu 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke tempat wisata ini. 

Lokasi Candi Ijo dan Tarif Gratis Pengunjung 




Candi Ijo Yogyakarya yang berada di Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman, tepatnya di Desa Sambirejo , Dusun Groyokan. Lokasi candi ini memang tak jauh dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, sehingg mudah untuk dijangkau dari mana saja. Sementara itu, untuk harga tiket masuk ke Candi Ijo para pengunjung hanya mengeluarkan uang sekitar 2 Ribu Rupiah untuk parkir motor dan 3 Ribu Rupiah untuk mobil, karena tarif gratis pengunjung ke wisata ini sebenarnya gratis. 


Sejarah Candi Ijo Yogyakarta 







Konon Candi Ijo dibangun pada abad ke 9 dan ditempatkan pada bukit yang terkenal dengan nama Gumuk Ijo atau Bukit Hijau. Di samping itu, sebutan dari nama desa berupa Ijo tersebut yang pertama kalinya dimasukkan ke dalam prasasti Poh dan telah ada sejak tahun 906 Masehi silam. Di dalam prasasti itulah tertulis mengenai seorang hadirin upacara yang berasal dari Desa Wuang Hijau. Jika sejarah tersebut benar, maka nama Ijo sudah berusia hampir 1000 tahun lebih lamanya. 



Kutukan dan Misteri di Candi Ijo Sleman 

Candi Ijo berbentuk teras-teras yang semakin meninggi di bagian belakang, yakni di sebelah timur maupun belakang pusat percandian tersebut. Ada suatu rahasia yang menjadi misteri berdirinya Candi Ijo yang tersurat di dalam prasasti bagian teras ke 9. Dimana prasasti tersebut tertuliskan Bhuyutan atau Guywann yang artinya tempat pertapaan. Pada prasasti yang lain menyebutkan dari batu berukuran 14 cm dengan tebal 9 cm juga tertulis beberapa mantra yang isinya kutukan sebanyak 16 kali, yakni “om sarww – awinasa, sarwwawinasa”.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib