halowisata.com merupakan portal informasi berbagai tujuan wisata menarik dan viral dikalangan masyarakat serta populer diseluruh penjuru indonesia , dimana anda dapat menjadikan halowisata.com sebagai refrensi akan kemana anda dan keluarga ingin menikmati liburan bersama

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Candi Sambisari Sleman Yang Indah Dengan Sejarah Yang Menakjubkan – Candi Sambisari yang berada di Yogyakarta mungkin tidak terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Padahal tempat wisata yang satu ini penuh dengan sejarah Indonesia. Maka berkat adanya cerita sejarah yang menarik itulah, kawasan Candi Sambisari semakin menajak ke popularitas. Apalagi lokasinya dekat dengan kompleks wisata Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko.


Bagi anda yang hobi memotret, maka disarankan untuk menyambangi Candi Sambisari Sleman. Hal ini karena spot latar belakang dari candi tersebut terlihat mengagumkan saat dibidik kamera. Selain itu, para wisatawan juga bisa berkeliling untuk menikmati keidahan Candi Sambisari yang banyak mengundang sejarah, seperti ulasan berikut ini.


Keindahan Candi Sambisari Sleman Yang Penuh Sejarah 


Rute Menuju ke Candi Sambisari



Ada banyak cara untuk menempuh objek wisata ke Candi Sambisari. Pertama anda bisa menggunakan angkutan umum berupa bus jurusan Jogya-Solo. Lihat papan penunjuk jalan ke tempat candi tersebut, maka dari jalan besar anda mesti jalan sekitar 2 km agar sampai ke lokasi. Kedua jika anda mempergunakan kendaraan pribadi, memungkinkan harus melewati arah jalan raya Jogya-Solo. Kemudian berjalan mengarah candi di bagian utara jalan, sehingga lewat jalan utara dan temukan papan penunjuknya.


Sejarah Seputar Candi Sambisari




Menurut papan informasi yang tertera di objek wisata, Candi Sambisari ditemukan dari bulan Juni di tahun 1966 silam. Konon cerita sejarah candi ini yang menyebutkan ada seorang petani dengan nama Karyowinangun. Kala itu, petani tersebut sedang mencangkul di sawah miliknya dan saat itu juga beliau menemukan sebuah batu. Setelah diselidiki lebih lanjut, batu tersebut adalah bebatuan dari candi yang dinamakan Candi Sambisari. Karena itu, lokasi candi ini hanya sekitar 6,5 meter yang jauh lebih rendah dari daratan di sekelilingnya. Banyak dugaan yang menunjukkan bahwa candi telah terpendam oleh abu vulkanik yang berasal dari letusan Gunung Berapi ratusan tahun silam.


Keunikan Candi Sambisari Sleman

Meskipun telah disebutkan di bagian atas bahwasanya Candi Sambisari di Sleman berada pada 6,5 meter dari bawah permukaan tanah. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari banguan Candi Sambisari. Dengan begitu, bisa diperkirakan jika candi tersebut telah terkubur dengan banyak material letusan sangat dahsyat dari adanya Gunung Merapi sekitar tahun 1006 Masehi silam. Tak hanya itu, terdapat keunikan yang menakjubkan dari Candi Sambisari yakni sebuah patung Lingga dan Yoni lumayan besar tepatnya di baik dalam badan candi tersebut. Bahkan ada pilar penyangga yang bagian dasarnya kini telah menjadi pilar penyangga dengan fungsi sama.

Bagaimana, menarik bukan untuk berlibur ke tempat wisata Candi Sambisari? Dengan berwisata ke sebuah Candi Sambisari anda bukan hanya mendapatkan panorama keindahan dari segi bangunan candi tersebut, namun akan memiliki pengalaman sekaligus ilmu pengetahuan sejarah dari Candi Sambisari di Sleman, Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib