halowisata.com merupakan portal informasi berbagai tujuan wisata menarik dan viral dikalangan masyarakat serta populer diseluruh penjuru indonesia , dimana anda dapat menjadikan halowisata.com sebagai refrensi akan kemana anda dan keluarga ingin menikmati liburan bersama

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


Indonesia memang memiliki keindahan alam yang luar biasa, salah satu keindahan alam yang dimiliki adalah wisata Kawah Ijen di Jawa Timur. Kawah Ijen ini menjadi salah satu tempat wisata alam yang ada di pulau jawa yang menarik banyak minat wisatawan.
Tempat wisata kawah Ijen  merupakan bagian dari Cagar Alam Wisata Ijen. Kawah Ijen ini sendiri berada pada dua wilayah kabupaten yaitu Banyuwangi dan Bondowoso. Kawah Ijen berada diatas ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan merupakan bagian dari Gunung Ijen.

Jangan Lupa baca Wisata Alam Pulau Tabuhan Jawa Timur

Kawah Ijen memiliki luas sekitar 20 km persegi yang dikelilingi oleh dinding kaldera 300-500 meter. Selain itu kandungan asam yang terdapat dalam kawah ini mendekati angka nol dengan suhu mencapai 200 derajat celcius.  Karena kandungan belerang yang ada di Kawah Ijen ini sangat tinggi, pengunjung diwajibkan untuk menggunakan masker untuk kenyamanan bernapas. Pada bagian barat kawah terdapat sebuah bendungan yang dibuat pada zaman Belanda untuk menghindari meluapnya air kawah.

Untuk bisa menikmati keindahan wisata Kawah Ijen ini, pengunjung bisa berangkat dari Banyuwangi maupun Bondowoso menuju ke Paltuding yang menjadi pos akhir di tempat wisata ini. mulai dari Paltuding, kamu harus menjadki sekitar 2 jam untuk bisa sampai ke kaldera yang menjadi salah satu lokasi terdekat untuk menyaksikan Kawah Ijen. Dari sinilah pengunjung bisa melihat lautan kawah yang berwarna hijau toska dengan kepulan asap.

artikel menarik nih 5 Wisata Alam Populer di Jawa Timur

Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan wisata Kawah Ijen ini, sebaiknya bisa mulai berangkat dari Paltuding sekitar jam 4 pagi dengan perkiraan untuk sampai ke bukit pada jam 6-7 pagi. Pada jam – jam inilah Kawah Ijen berada pada kondisi yang baik dan memiliki pemandangan yang indah. Waktu terbaik untuk berwisata di Kawah Ijen ini adalah pada musim kemarau yaitu bulan Juli – September. Pada bulan – bulan inilah cenderung tidak terjadi hujan sehingga hal ini membuat medan pendakian relatif aman dan kamu bisa menikmati keindahan Kawah Ijen tanpa harus takut terguyur hujan atau tertutup kabut tebal.

Untuk menyaksikan keindahan wisata Kawah Ijen ini, cobalah untuk mendaki pada dini hari. Kawah Ijen ini memiliki keajaiban lain yang menarik untuk dinikmati, pada bagian bawah kawah terdapat blue fire atau sebuah api biru yang menjadi salah satu keunikan yang dimiliki tempat wisata ini. munculnya api biru ini berasal dari cairan belerang yang pada nantinya mengering dan menjadi bahan tambang oleh warga sekitar. Api biru ini bisa dilihat ketika suasana sekitar yang masih gelap.
Itulah paparan wisata Kawah Ijen di Jawa Timur. Selamat berkunjung.


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib