halowisata.com merupakan portal informasi berbagai tujuan wisata menarik dan viral dikalangan masyarakat serta populer diseluruh penjuru indonesia , dimana anda dapat menjadikan halowisata.com sebagai refrensi akan kemana anda dan keluarga ingin menikmati liburan bersama

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Taman Nasional Way Kambas Lampung

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) merupakan Taman Nasional tertua di Indonesia. Taman Nasional ini terletak di ujung Selatan Sumatera atau sekitar 110 km dari pusat kota Bandar Lampung. TNWK adalah salah satu Taman Nasional pertama dan tertua di Indonesia. Taman Nasional ini menempati lahan yang luasnya sekitar 1.300 km2 dan berupa dataran rendah di sekitar kawasan Sungai Way Kambas, Pantai Timur Provinsi Lampung.

TNWK dikenal dengan konservasi gajah, karena selain menjadi tempat perlindungan bagi gajah Sumatera, Taman Nasional ini juga dikenal sebagai tempat latihan gajah tersebut. Way Kambas didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1937 dan sampai sekarang masih terjaga sebagai Taman Nasional.

Bagi para wisatawan yang ingin masuk ke tempat ini, diharuskan memiliki izin masuk terlebih dahulu. Surat izin tersebut dapat diperoleh di depan pintu masuk taman atau di kantor pusat. Perjalanan menuju Taman Nasional Way Kambas dapat ditempuh selama 2 jam dari Kota Bandar Lampung dengan menggunakan mobil pribadi. Jalan menuju TNWK pun cukup bagus dan jika ditempuh dengan kendaraan bermotor bisa kurang dari 2 jam. 

Fasilitas utama dapat ditemukan di dekat Taman Nasional, tempat tersebut bernama Satwa Sumatra Elephant Eco Lodge yang jaraknya kurang lebih 500 meter dari pintu masuk. Satwa Sumatra Elephant Eco Lodge terletak di sebuah taman berdinding yang luas dan penuh dengan pohon buah-buahan tropis. Tempat ini menawarkan empat cottage, masing-masing dengan kamar luas dan dapat menampung hingga empat orang, di dalamnya terdapat fasilitas tempat tidur, kipas angin, tempat mandi air panas dan toilet.

Di Pusat Pelatihan Gajah (PLG), terdapat beberapa kegiatan yaitu dari atraksi gajah yang dilakukan rutin setiap sore, pertandingan sepak bola khusus gajah yang diadakan setiap weekend dan yang tidak kalah menarik yakni para wisatawan diperbolehkan untuk menaiki gajah dan mengelilingi hutan, tetapi tidak diperbolehkan untuk mengelilingi hutan sendirian, melainkan harus dipandu oleh pawangnya. Dengan trip seperti ini jika ada yang beruntung kalian akan bertemu dengan gajah-gajah liar yang banyak terdapat di TNWK.

Di TNWK para wisatawan bisa mengenal lebih dalam mengenai Konservasi Gajah. Di sini kalian bisa banyak berinteraksi dengan gajah dan banyak bertanya tentang gajah ke pawang-pawang yang berada di Taman Nasional ini. Sebelum gajah dilepas, gajah harus dimandikan terlebih dahulu di kolam ataupun di Sungai Way Kambas. Hal tersebut dilakukan agar gajah selalu terlihat bersih seperti layaknya hewan peliharaan yang ada dirumah.

Buat para traveller yang suka banget menjelajahi hutan, apalagi menjelajahinya sambil menaiki gajah, kalian bisa langsung datang ke Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang ada di Kabupaten Lampung Timur. Pesan penting untuk para traveller, semoga bisa lebih melestarikan lagi flora dan fauna yang ada di negara tercinta ini.

2 comments:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib