halowisata.com merupakan portal informasi berbagai tujuan wisata menarik dan viral dikalangan masyarakat serta populer diseluruh penjuru indonesia , dimana anda dapat menjadikan halowisata.com sebagai refrensi akan kemana anda dan keluarga ingin menikmati liburan bersama

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]





Musim pun silih berganti, dari mulai musim hujan bergantian dengan musim kemarau (musing kering). Daun yang mulai menguning, mengering bahkan mulai berjatuhan satu persatu meninggalkan rantingnya. Sumber mata air pun mulai mengecil debitnya, tetapi nampaknya belum berpengaruh di kawasan menorah ini. Disinilah tempat dimana para penikmat wisata blusukan, yaitu Taman Sungai Mudal.

Mudal adalah sebuah mata air yang mengalir dari kedalaman gua di kawasan Girimulyo, Kulon Progo. Dinamakan Mudal karena sumber air ini selalu mengaliri air sepanjang tahun sehingga dapat mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga sekitar, yaitu melalui pipa-pipa yang telah dibuat oleh warga. Aliran airnya yang jernih juga meluap membentuk aliran sungai serta melewati air terjun dengan nama serupa, kemudian berlanjut hingga Air Terjun Kembang Soka dan Air Terjun Kedung Pedut yang letaknya lebih rendah. 

Kolam alami berisikan air jernih yang berasal dari mata air tersebut digunakan untuk berendam, berenang ataupun bermain air. Sajian tersebut adalah pembuka ketika para wisatawan sampai di Taman Sungai Mudal. Bagi para wisatawan yang datang dengan keluarga dan mempunyai anak kecil, tak perlu khawatir, ada tempat untuk anak-anak main air tanpa merasa takut. Di sini juga disediakan penyewaan pelampung. Perjalanan disekitar kolam alami ini mulai ditanami berbagai jenis bunga terutama bunga anggrek. Untuk membuat tempat tersebut tetap indah dan terjaga kelestariannya, para wisatawan pun boleh menyumbangkan benih tanaman atau bunga. Kegiatan ini merupakan program “Trees of Hope” yaitu sebuah program titip tanam yang dilakukan di Taman Sungai Mudal sebagai usaha pelestarian lingkungan hidup. Sehingga para wisatawan tak hanya menikmati kecantikannya saja, tetapi juga ikut serta dalam menjaga kelestarian tempat tersebut seperti layaknya simbiosis mutualisme.

Perjalanan menuju Taman Sungai Mudal terbilang mudah dan cukup aman, rute jalannya pun tak begitu sulit meski lokasinya sedikit blusukan, jadi untuk para wisatawan tak perlu khawatir. Selain itu, kalian bisa langsung ke Pedukuhan Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Kalau memang masih bingung, kalian bisa gunakan Google Maps atau GPS untuk bisa membawa kalian menuju Taman Sungai Mudal tersebut. Untuk harga tiket masuknya pun termasuk murah (GRATIS!), eits walaupun biaya masuk gratis tapi kalian harus bayar parkir, jika kalian membawa kendaraan bermotor maka biaya parkir dikenakan sebesar Rp.2.000 dan untuk mobil Rp.5.000.

INGAT! Karena Taman Sungai Mudal tergolong wisata baru di Kulon Progo, jadi HARUS menjaga kebersihan dan menjaga sikap. Jangan melakukan hal yang merugikan diri sendiri dan orang disekitarmu. Jadilah TRAVELLER yang CERDAS.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib